Senin, 04 Juli 2011

Merayakan Ulang Tahun Ala Nabi Muhammad Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa ahlihi wa salam


Ternyata Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam mempunyai cara tersendiri untuk memperingati hari kelahirannya. Bukan dengan mengundang teman, lalu meniup lilin sambil diiringi lagu Selamat Ulang Tahun atau Happy Birthday, tidak pula dengan berdansa, tidak pula mentraktir teman, tidak pula memberi hadiah atau menerima hadiah.
Beliau shalallahu ‘alaihi wa salam merayakan dengan cara yang unik yang jauh berbeda dengan yang terjadi pada zaman ini. Tetapi Nabi shalallahu ‘alaihi wa salam merayakan dengan berpuasa sunnah. Imam Ibn Hajar al-Asqalani dalam Kitabnua yang berjudul Bulughul Maram pada hadiat yang ke-698 menyebutkan:
عَنْ أَبِي قَتَادَةَ اَلْأَنْصَارِيِّ رضي الله عنه ( أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ. قَالَ: يُكَفِّرُ اَلسَّنَةَ اَلْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ , وَسُئِلَ عَنْ صِيَامِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ. قَالَ: يُكَفِّرُ اَلسَّنَةَ اَلْمَاضِيَةَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ اَلِاثْنَيْنِ, قَالَ: ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ, وَبُعِثْتُ فِيهِ, أَوْ أُنْزِلَ عَلَيَّ فِيهِ )  رَوَاهُ مُسْلِمٌ
Dari Abu Qotadah al-Anshory Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah ditanya mengenai puasa hari Arafah, lalu beliau menjawab: "Ia menghapus dosa-dosa tahun lalu dan yang akan datang." Beliau juga ditanya tentang puasa hari Asyura, lalu beliau menjawab: "Ia menghapus dosa-dosa tahun yang lalu." Dan ketika ditanya tentang puasa hari Senin, beliau menjawab: "Ia adalah hari kelahiranku, hari aku diutus, dan hari diturunkan al-Qur'an padaku." Riwayat Muslim.
Begitulah ajaran Islam, tak ada pesta dalam memperingati hari kelahiran. Kita didik anak-anak kita, adik-adik kita seperti yang Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam contohkan. Wallahu a’lam bi shawab.
 

Tidak ada komentar: