Kamis, 09 Juni 2011

Sekilas Model Pendidikan Di Amerika Serikat (5)

MENGAJAR SEBAGAI SUATU PROFESI


        Meski AS dianggap sebagai negara “kafir” oleh sebagian orang, namun ada sekolah atau lembaga yang menyelenggarakan pendidikan Islam. Al-Huda School, Darus Salam di College Park, Maryland misalnya, atau Islamic Academy of Muslim Community Center di Silver Spring, Maryland. Sekolah tersebut didirikan dengan maksud untuk memberikan pendidikan kepada anak didik agar ajaran Islam yang dipeluk tidak musnah ditelan situasi. Pelajaran akhlak sangat ditekankan, guna mengantisipasi kebrutalan anak remaja. Sementara itu organisasi keagamaan Islamic Academy of Muslim Community Center menyelenggarakan pendidikan keislaman untuk menciptakan masyarakat Muslim yang bangga akan hazanah keislaman dan memberikan contoh kebaikan prinsip dan nilai-nilai Islam.
guru mendongeng di salah satu kelas di Amerika
Mengajar sebagai suatu profesi
        Dr. Gary Galluzzo, Wakil Presiden National Board for Professional Teaching Standards (NBPTS) menjelaskan tentang profesi guru. Pada prinsipnya, seorang guru harus menguasai bidang mata pelajaran yang diajarkan dan metode pembelajarannya. Guru harus mempunyai lisensi yang dikeluarkan oleh NBPTS, dan berlaku untuk waktu 5 tahun. Selanjutnya guru tersebut harus memperbarui lisensi dan mengambil pelajaran di perguruan tinggi untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya.
        Bagi guru pemula, yang baru diangkat, ia perlu bimbingan berupa mentoring dari guru-guru senior yang berkualitas tinggi tanpa dipungut biaya. Dasar penggajian adalah masa kerja, dan tidak ada pangkat seperti di Indonesia. Jika guru mempunyai vak pilihan yang ternyata tidak ada peminatnya, maka ia harus pindah ke sekolah lain dengan bantuan kepala sekolah dan administrator kabupaten. Prinsip yang dipakai adalah tidak ada penggajian bagi yang tidak bekerja.
        NBPTS adalah organisasi nonpartisan, independen, dan nirlaba. Misinya adalah untuk menciptakan standar tinggi agar guru tahu dan dapat mengajar, mengembangkan, dan membawa anak didik dalam meningkatkan belajar di sekolah. Standar yang ditentukan ada 5 yaitu: (a)Guru harus committed kepada siswa dan pembelajarannya, (b)Guru tahu matei yang diajarkan dan tahu cara mengajarkannya, (c)Guru bertanggung jawab dalam pengelolaan dan pemantauan pembelajaran siswa, (d)Guru berfikir secara sistematik mengenai praktek dan belajar dari pengalamannya, dan (e)Guru adalah anggota masyarakat yang sedang belajar. Standar tersebut dikembangkan oleh sebuah panitia yang setelah bekerja dan berdiskusi mencapai kesepakatan tentang apa saja yang harus diketahui dan dikerjakan oleh guru di bidang vak mata pelajarannya.
        Sertifikasi seorang guru didasarkan atas berbagai mata pelajaran, misal seni, bahasa Inggris, matematik, musik, ilmu pengetahuan, sejarah, dan lain-lainnya. Masing-masing sertifikasi tingkat TK sampai SD dipisahkan dari tingkat SMU. Pemisahannya adalah anak berumur 3-8 tahun (early childhood), 7-12 tahun (middle childhood), 3-12 (early and middle childhood), 11-15 tahun (early adolescence), 14-18+ (adolescence and young adulthood).

Teknologi di sekolah
        Penggunaan teknologi di sekolah antara lain terdapat di Thomas Jefferson High School for Science and Technology yang dikepalai Ms. Elizabeth Lodel. Sekolah tersebut berlokasi di 6560 Braddock Road, Alexandria, Virginia 22312 dan mempunyai misi unik, yaitu: (a)memberikan program akademik guna menciptakan masyarakat berilmu dan berteknologi, sekaligus mengatasi masalah ekonomi, (b)menyediakan laboratorium guna menguji dan mengembangkan metode dan materi baru dalam inovasi dan reformasi kurikulum, (c)membantu pengembangan ide dan pemrograman melalui pengembangan diklat guru, pengayaan siswa K-12, dan jaringan kerja, dan (d)Menyajikan model untuk sektor swasta dan kerjasama pendidikan negeri.
        Sekolah ini termasuk yang terbaik tidak hanya di Virginia, namun di AS. Dari 25.000 pendaftar, hanya 400 orang yang diterima. Penerimaan didasarkan atas bakat dan interes di bidang biologi, fisika, matematika, ilmu komputer, dan bidang lain yang terkait. Siswa yang masuk adalah yang berbakat atau sangat bagus. Kurikulum ditekankan kepada sains dan teknologi. Jumlah kredit 26 unit terdiri dari bahasa Inggris (4), matematika (5), IPA (4), IPS (3), bahasa asing (3), penjaskes (2), riset teknologi IPA (2), ilmu komputer (1), Seni atau humanitas (1), dan tambahan matematika, IPA, teknologi, atau ilmu komputer (1). Laboratorium yang disediakan adalah: astronomi, analisis kimia, CAD (Computer Assisted Design), sistem komputer, sistem energi, industri otomotif dan robotik, bioteknologi, mikroelektronik, oceanografi dan geofisik, optik dan fisika modern, materi prototip dan mesin, dan video teknologi dan komunikasi.

Desain dan implementasi kurikulum
        Asisten Superintendent dari Fairfax County Public School, Dr. Nancy Sprague menjelaskan bahwa dewan sekolah berjumlah 12 orang dipilih untuk waktu 4 tahun. Ada seorang wakil murid dari organisasi sekolah yang dipilih untuk waktu 1 tahun. Ia ikut rapat dan berdiskusi dengan dewan sekolah, namun tidak mempunyai hak suara. Dewan sekolah menetapkan kebijakan sekolah dan membuat panduan guna memastikan kesesuaian administrasi program sekolah. Pekerjaan Asisten Superintendent meliputi: jasa fasilitas, jasa finansial, jasa umum, SDM, teknologi informasi, jasa instruksional, jasa siswa, dan pendidikan khusus.
        Sistem sekolah dibagi menjadi 8 kelompok, masing-masing terdiri dari 2 sampai 4 SMU dan SD serta SLTP yang ada di bawahnya. Program studi berisi instruksi program yang terdiri dari: (a)isi kurikulum dan pengetahuan serta ketrampilan untuk setiap kelas dan pelajaran, (b)sumber instruksional yang telah disetujui, (c)kegiatan penilaian, dan (d)sesuai dengan SOL (standard of learning). Persyaratan lulus adalah minimum 21 kredit, atau 23 kredit jika mengambil diploma.

Tidak ada komentar:

facebook

ziddu,fb coment,like fb