Kamis, 09 Juni 2011

Sekilas Model Pendidikan Di Amerika Serikat (6)

PERANAN NEGARA BAGIAN DALAM PENDIDIKAN

                        
gambar siswa sekolah di Amerika

        Thomas Jefferson High School for Science and Technology di 6560 Braddock Road, Alexandria, Virginia 22312 adalah sekolah terbaik di AS. Sekolah tersebut mempunyai misi unik, yaitu: (a) memberikan program akademik guna menciptakan masyarakat berilmu dan berteknologi, sekaligus mengatasi masalah ekonomi, (b) menyediakan laboratorium guna menguji dan mengembangkan metode dan materi baru dalam inovasi dan reformasi kurikulum, (c) membantu pengembangan ide dan pemrograman melalui pengembangan diklat guru, pengayaan siswa K-12, dan jaringan kerja, dan (d) menyajikan model untuk sektor swasta dan kerjasama pendidikan negeri.
Peranan negara bagian dalam pelaksanaan pendidikan
        Superintendent of Public Instruction pada Departemen Pendidikan  Negara Bagian  Virginia di Richmond, Dr. Jo Lynne DeMary, dan 3 orang Asisten Superintendent bidang Instruction (Dr. Patricia I. Wright), bidang Finance (Dr. Daniel S. Timberlake), serta bidang Teacher Education and Licensure (Dr. Thomas Elliott) menjelaskan tentang reformasi pendidikan.

        Maksud reformasi pendidikan di Virginia adalah untuk meyakinkan bahwa semua siswa dipersiapkan sukses di bidang ekonomi internasional, menyiapkan siswa untuk menjadi penduduk yang terinformasi dan bertanggung jawab di negara demokratis, dan untuk mengkomunikasikan agar orang tua dan masyarakat tahu cara sekolah mereka mencapai tujuan-tujuan tersebut. Komponen reformasi pendidikan tersebut terdiri dari 4 hal, yaitu standar, testing, akuntabilitas, dan pelaporan. Standar yang dipakai di semua sekolah dituangkan dalam SOL (Standards of Learning) yang berisi pernyataan tentang pengetahuan, proses, dan ketrampilan yang harus dimiliki siswa agar sukses, serta harapan yang jelas dan singkat tentang standar minimal yang harus diajarkan oleh guru dan yang harus dipelajari oleh siswa.

        Komponen kedua adalah testing, yaitu SOL test yang berisi beberapa item untuk menguji pengetahuan faktual, termasuk aplikasi pengetahuan tersebut dan ketrampilan berfikir secara kritis. Tes ini diberlakukan untuk semua murid kelas 3, 5 dan 8, serta murid yang menyelesaikan pelajaran kelas 12 di bidang matematika, IPA, bahasa Inggris, sejarah, dan IPS. Batas nilai kelulusan ditetapkan oleh panitia yang terdiri dari orang tua, pendidik, dan perwakilan orang-orang bisnis.

        Komponen ketiga adalah akuntabilitas yaitu standar akreditasi SOA (Standards of Accreditation). Komponen keempat adalah pelaporan berupa kartu yang dikirimkan kepada masyarakat, termasuk di dalamnya informasi tentang keselamatan sekolah dan informasi tentang kehadiran dan jumlah dropout.

        Dana pendidikan tingkat SD dan SLTP dari negara bagian yang diperuntukkan 136 sekolah negeri dengan jumlah murid sekitar 1,1 juta sebesar $8 milyar atau sekitar 32% dari anggaran keseluruhan negara bagian. Ada tiga macam program pendidikan di Virginia, yaitu SOQ (standards of quality), incentive-based programs, dan categorical programs. SOQ berisi persyaratan program pendidikan minimal yang harus dimiliki sekolah negeri. Standar tersebut ditulis dalam Konstitusi Virginia, dan hanya dapat diubah oleh Dewan Sekolah dan DPR.

        SOQ termasuk pendanaan untuk keperluan dasar (transportasi, pelayanan kesehatan, guru pengganti, pengembangan staf, biaya operasi dan pemeliharaan, dan manajemen sistem informasi), pendidikan khusus seperti untuk anak cacad, pendidikan kejuruan, pendidikan pengayaan, pendidikan bagi anak berbakat. Incentive-based programs memberikan dana tambahan untuk pendidikan selain yang diperlukan untuk mencapai SOQ. Program ini bukan suatu keharusan, namun untuk mendapatkan dana dari negara bagian, sekolah harus membuktikan bahwa ada program khusus yang ditawarkan seperti program pendidikan teknologi.

        Categorical program juga menyediakan program pendidikan tambahan di luar SOQ yang memfokuskan pada kebutuhan khusus dari penduduk tertentu atau memenuhi keharusan tertentu dari negara  bagian, misal program pendidikan khusus untuk anak yang karena hal tertentu tidak dapat mendaftar di sekolah negeri, atau program yang mendukung pendidikan kejuruan dan pendidikan orang dewasa.

        Mengenai kualitas guru disebutkan bahwa diyakinkan melalui 3 tahap, yaitu persiapan, induksi, dan profesional. Dalam tahap pertama, ada 37 perguruan tinggi dan universitas di Virginia yang menawarkan program persiapan guru. Setiap lima tahun, guru dievaluasi oleh sebuah tim terlatih untuk memberikan akreditasi dengan melaporkan kepada Dewan Pendidikan apakah standar guru telah dipenuhi, yaitu menyelesaikan seni atau vak bidang IPA, menguasai metode mengajar, berpengalaman lapangan, dan penilaian profesionalisme untuk guru pemula. Tahap kedua berupa pemberian lisensi yang dikeluarkan oleh Dewan Sekolah. Selain kewajiban ikut mentoring, guru pemula selama 3 tahun harus menunjukkan kompetensi. Sedangkan tahap ketiga berupa pembaruan lisensi setiap 5 tahun sekali yang dilakukan oleh National Board for Professional Teaching Standards. Diakui bahwa di AS kekurangan guru yang disebabkan oleh: (1)pertambahan jumlah murid yang mendaftar, (2)pengecilan jumlah kelas, (3)dampak spesialisasi, (4)dampak ekonomi, misal daerah pinggiran yang kaya memiliki pendaftar lebih banyak, (5)sepertiga siswa di sekolah negeri adalah kulit berwarna, (kurang dari 10% yang menyiapkan diri sebagai guru adalah dari minoritas), dan (6)banyak guru yang berhenti sebelum masanya.

Tidak ada komentar: