Kamis, 23 Juni 2011

Tiga Rahasia Awet Muda dan Energik

Kita semua tentunya ingin terlihat lebih muda dari usia kita alias awet muda dan energik bukan? Untuk anda terlihat awet muda dan energik, ada 3 hal yang harus diperhatikan yaitu tingkat stres, makanan, dan juga gaya hidup. Jika dibandingkan dengan beberapa puluh tahun lalu, kebanyakan orang pada saat itu terlihat lebih awet muda dan energik karena tingkat stres yang lebih rendah, makanan alamiah yang dipetik segar dari sawah dan tidak diproses di pabrik sehingga memberikan nutrisi penuh yang diperlukan tubuh, dan juga gaya hidup yang lebih sehat didukung oleh kondisi lingkungan pada saat itu .
*Tingkat Stres
Dibandingkan sekarang ketika jaman serba canggih dan era globalisasi ini, banyak diantara kita yang mudah stres karena pekerjaan, urusan rumah tangga, dan lain sebagainya. Setiap orang pasti mengalami stres apalagi bagi kita yang hidup di kota besar. Stres berlebihan dan berkepanjangan dapat mengakibatkan penurunan daya tahan tubuh dan memperbesar resiko timbulnya berbagai penyakit. Cobalah kelola stress level anda dengan mengikuti kelas meditasi, kelompok doa, olahraga, dan jangan lupa rekreasi. Ingat pepatah “A Happy Life is a Healthy Life”. Berpikir positif dan menghindari emosi negatif seperti kesedihan berkepanjangan, kebencian, mudah marah juga dapat menjauhkan kita dari stres.
*Makanan
Agar awet muda, tubuh kita membutuhkan nutrisi tapi kebanyakan asupan makanan yang kita makan sekarang kurang sehat, seperti sarapan pagi roti atau junk food seperti donat atau burger. Bahkan makanan alamiah seperti salad pun saat ini memiliki kandungan nutrisi yang jauh lebih rendah dibandingkan beberapa puluh tahun lalu karena metode pertanian modern yang menggunakan banyak pestisida dan bibit transgenic (Genetically Modified Organism/GMO).
Makan sehat bisa kita mulai dengan sarapan pagi bergizi seperti semangkuk nasi merah (brown rice) dengan lauk pauk dan sayuran, snack pagi dengan beberapa potong buah segar (bukan buah kaleng ataupun asinan, apalagi snack biskuit atau gorengan), makan siang dengan porsi seimbang dengan asupan karbohidrat, lemak, protein, dan serat yang cukup, dan ditutup dengan makan malam dengan porsi lebih kecil dari makan siang dan dilengkapi dengan sayuran dan buah-buahan segar. Ingatlah dalam sehari anda harus memakan 5-9 porsi sayur dan buah untuk mencukupi kebutuhan berbagai nutrisi dan antioksidan. Saya menganjurkan anda mengganti snack seperti gorengan, biskuit, dan permen dengan buah-buahan yang selain enak juga bergizi tinggi.
Hindari juga minuman bersoda, minuman berkadar gula tinggi, dan terlalu banyak kopi. Minum secangkir kopi setiap hari mungkin bermanfaat bagi kesehatan karena kandungan antioksidan nya dapat mencegah penuaan sel, namun 2 gelas atau lebih kopi per hari memiliki efek buruk bagi kesehatan.
Sebagai tambahan dianjurkan untuk mengkonsumsi Omega 3 dalam bentuk minyak ikan (fish oil) setiap hari untuk membantu menjaga kesehatan jantung, kolesterol, bahkan mencegah inflamasi persendian yang mengakibatkan artitis. Konsumsi Omega 3 yang dianjurkan adalah minimal 5oo mg per hari. Perhatikan label fish oil yang anda konsumsi, kebanyakan minyak ikan di pasaran hanya mengandung 300 mg Omega 3 (EPA dan DHA) dalam 100 mg fish oil softgel.
*Pola / Gaya hidup
Tampil awet muda sangat didukung oleh gaya hidup yang sehat. Gaya hidup sehat dapat dimulai dengan hanya berjemur di pagi hari selama 10-14 menit. Berjemur akan mengaktifkan pro Vitamin D dalam tubuh kita menjadi Vitamin D yang sangat bermanfaat. Di negara 4 musim yang hanya mendapatkan matahari kurang dari 6 bulan dalam setahun, penduduknya sering mengonsumsi supplement vitamin D dimana vitamin ini sering disebut sebagai “Sunshine Vitamin” dan memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan kita.
Selain berjemur, sangat dianjurkan untuk berolah raga teratur. Olahraga teratur akan mengaktifkan sel-sel tubuh kita dan meningkatkan daya tahan imunitas tubuh secara alamiah dan meningkatkan kekuatan tubuh. Maka dari itu tidaklah heran para atlit memiliki energi yang lebih banyak daripada orang yang kurang berolahraga.
Sebagai tambahan hindari konsumsi obat-obatan kimia yang sudah pasti memiliki efek negatif bagi tubuh kita. Bila anda membaca obat flu, biasanya efek samping yang tertulis di label adalah mual-mual dan sakit kepala, hal ini sangat masuk akal karena obat kimia bersifat racun bagi tubuh kita dan hanya meringankan gejala penyakit tanpa menuntaskan akar masalah penyakit, seperti daya tahan tubuh yang lemah. Konsumsi makanan segar dan whole foods multivitamin dan herbal supplements akan meningkatkan kekebalan imunitas tubuh anda, dan membantu mempercepat penyembuhan berbagai jenis penyakit secara alamiah dan aman.
Jika anda memperhatikan kesehatan ketiga aspek di atas (tingkat stres, makanan dan gaya hidup), maka anda akan memiliki tubuh yang sehat, kulit awet muda dan energi yang berlimpah.
 

Tidak ada komentar: